Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More
Motifasi untuk kita semua

Monday, March 13, 2017

Cara Memancing yang Benar Versi Saya :)


Memancing ikan adalah hobi yang cukup menghibur bagi sebagian orang  dan bahkan sekarang ini sudah di jadikan sebuah olahraga yang bisa memacu adrenalin. Dengan melatih kesabaran dan menikmati kesunyian yang sangat bagus menurut saya. Baik lah kita mulai pembahan tentang cara memancing yang benar. Yang pertama adalah mengenali  terlebih dulu lokasi dimana kita akan memancing karena setiap lokasi sangat jauh berbeda karakternya. Menurut saya faktor lokasi ini dapat terbagi menjadi tiga yaitu :
1.       Memancing di Tambak atau Empang
2.       Memancing di Muara,
3.       Memancing di Laut
Setelah mengenali tempat atau lokasi dimana kita akan memancing selanjutnya mempersiapkan alat pancing. Peralatan secara umum yang diperlukan menurut saya adalah sebagai berikut :
ü  Tongkat atau jorang atau stik berserta reel nya,
ü  Mata kail
ü  Tang yang berbentuk lancip ( yang biasa saya gunakan untuk pada saat kita tidak sengaja tertusuk mata kail saat merangkainya dan juga sebagai alat potong),
ü  Pelampung ,
ü  Tempan menyimpan ikan yang di dapat,
ü  Pemberat atau timah , dan
ü  Rompi khusus memancing
Sekarang  persiapan memacing apa bila kita sudah memilih lokasi yang akan kita tuju.
Memancing di sungai atau muara yang perlu dipersiapkan menurut saya adalah peralatan pancing yang telah saya bilang tadi sebelum nya dengan memperhatikan faktor umpan dan seting alat pancing. Umpan yang menurut saya baik dilokasi ini adalah cacing dan udang hidup, sedangkan untuk setting alat pancing adalah dengan pemasang mata kail. Jumlah mata kail dalam setiap tongkat atau joran minimal dua mata kail, dengan posisi timah atau pemberat kira-kira 10cm sampai 15cm.
Selanjutnya lokasi di empang atau tambak peralatan memancing hampir sama dengan yang dtelah saya sebutkan sebelumnya dan untuk umpan yang akan di gunakan tergantung dengan jenis ikan yang akan di pancing di tambak atau empang. Untuk ikan mas menurut saya bisa dengan menggunakan umpan racikan sendiri yang bahan nya mudah didapat seperti; pelet ikan, daging ikan dan lain-lain. Apabila jika tidak ingin repot membuat umpan sendiri biasanya di tempat atau lokasi sekitar tambak telah menyediakan umpan yang sudah jadi dan kitaa tinggal beli saja. Khusus untuk ikan mujair dan sejenis nya umpan yang paling cocok menurut saya adalah lumut hijau tetapi umpan cacing dan udang juga termasuk efektif karena jenis ikan ini sangat rakus dan pemakan segala. Untuk seting alat pancing di lokasi ini menurut saya lebih baik menggunakan lebih dar 2 mata kail deangan posisi pelampung berada di atas mata kail. Ketinggian batas pelampung dan timah dapat disesuaikan dengan kedalaman air. Untuk kedalam air sekitar 1.5m menurut saya jarak yang ideal antara pelampung dan timah juga sekitar 1.5m dan pelampung dibatasi pake stopper. Dan selanjutnya untuk jenis lokasi di laut dapat di kelompok kan menjadi 2 , yaitu ;
1.       Memancing di tepi laut atau pantai
2.       Memancing ditengah laut
Memancing di tepi laut untuk jenis umpan yan digunakan berbeda dengan memancing di sungai atau air tawar. Menurut saya umpan yang sesuai adalah mengunakan cumi-cumi yang dipotong kecil,udang atau ikan kecil . untuk setingan alat pancing nya kurang lebih sama dengan seting untuk memancing ikan disungai. Penggunaan umpan dengan udan atau ikan kecil biasaya digunakan untuk lokasi dimana tepilautnya agak keruk atau butek. Jika airnya bening dan pasang air laut, menurut saya umpan cumi karena ikan yang berada di tengah laut bisa saja mencapai ke tepi laut.
Memancing di tengah laut persiapan memancing ditangah laut adalah alat pancing dan umpan yang biasanya menggunakan cumi yang utuh. Seting alat pancing menggunakan 2 cara dan biasanya digunakan untuk memancing ikan pada kedalaman 100m. Pertama, seting umpan gantung , yaitu posisi umpan berada antara permukaan air laut dan dasar air laut dengan menggunakan 2 atau lebih mata kail. Ini ditujukan untuk memancing ikan jenis barakuda, bawel atau tongkol. Kedua seting umpan diatas permukaan air, posisi umpan kira-kira ada dikedalaman 2 – 3m dibawah pelampung. Seting umpan seperti ini adalah untuk memancing ikan jenis layur dan cakalang. Untuk memancing ditengah laut pun terdapat jenis umpan buatan yang terbuat daari plastik yang mengkilap yaitu poper dan metal jig. Umpan jenis ini bisa di  beli ditoko-toko alat pancing. Bentuk dan warnanya bisa menarik perhatian ikan yang melintas di sekitar mata kail. Tips yang penting untuk memancing ditengah laut adalah hidari saat terang bulan karana pada saat terang bulan permukaan laut menjadi lebih terang sehingga memungkinkan ikan mencari mangsa lewat bantuan sinar bulan, dan demi keamanan dan keselamatan kita, hindari memancing pada saat musim angin barat atau penghujan  karena pada saat musim seperti itu gelombang akan sangat ganas.
Setelah jauh membahas tentang yang diatas sekarang saya ingin sedikit memberitahu sedikit teknik simpul memasang mata kail yang baik menurut saya dan saya kitup sedikit dari buku Geoff Wilson’s Complete Book Of Fishing Knots & rigs karangan Geoff Wilson yaitu sebagai berikut :
Cara Pertama cara mengkat mata kail seperti ini adalah saat pertama kali saya di ajak teman saya yang memang sejak awal sudah terlebih dulu punya hobi memancing. Menyimpul mata kail seperti gambar yang tertera dibawah ini umum di pakai oleh para nelayan taradisional kita mauun para pemancing kawakan yang memang sudah pro dalam hal memancing. Entah siapa yang pertamakali menbuat simpul seperti ini. Yang jelas cara seperti ini banyak digunakan. Berikut adalah gambarnya.

Cara Kedua cara sepeti ini juga umum digunakan oleh para pemancing pemula atau yang dudah pro. Caranya mudah senar dimasukkan kedalam lubang mata kail lalu kepangkan senar sebanyak 9 atau 10 kali putaran , lalu masukan salah satu senar kedalam lubang mata kail lagi dan naikkan ke atas nanti akan membentuk sebuah lingkaran dan masukan senar yang tadi lalu tarik senar secara bersamaan. Untuk lebih jelas lagi lihat gambar dibawah ini.

Cara Ketiga cara menyimpul mata kail seperti ini hamper sama dengan cara yang kedua, hanya saja bedanya pada saat memasukan mata kail kelubang, yang kemudian dililitkan dengan jumlah yang sama dengan yang kedua lalu masukan kedua senar ke lubang diantara lunag mata kail dan tarik keatas hingga mengunci dengan kuat . untuk lebih jelas ikuti petunjuk dari gambar dibawah ini.

Cara Keempat cara mengikat seperti ini hasilnya akan sama dengan cara yang ketiga, caranya masukan senar kedalam lubang mata kail lalu buat sebuah lingkarng disalah satu senar sebanyak 3-4 kali dan masukan senar yang satunya kedalam lingkaran tersebut dan tarik keatas hingga mengunci dengan kuat. Berikut adalah gambarnya.

Cara Kelima cara simpul yang seperti ini sangat sulit pengaplikasian nya dan saya pun kurang bisa untuk mengunakan nya tapi apabila kalian ingin mencoba untuk membuat nya silahkan ini adalah gambarnya.
 
Cara Keenam cara menyimpul tali senar ini adalah sangat mudah dan praktis juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya hanya dengan satu kali lilitan saja . untuk lebih jelas bisa lihat gambar dibawah.

Cara Ketujuh cara ini mudah juga seperti cara diatas hanya dengan dua kali putaran saja. Cara ini juga sudah cukup kuat dan mudah juga praktis pembuatannya. Intuk lebih jelas lihat gambar dibawah.

Cara Kedelapan cara ini hamper sama dengan cara keenam dann tujuh , semua simpul ini hanya dapt digunakan untuk menangkap ikan yang ber ukuran kecil dan sedang. Berikut adalah gambarnya.

Demikian lah cara-cara simpul pancing yang bisa anda aplikasikan pada saat anda ingin memancing.
Terima kasih atas perhatian nya dan semoga bermanfaat.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Categories

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Pages

Sms Gratis

Welcome

Blogger Tutorials

Blogger Templates

Sample Text

Copyright © Aufklarung_72 | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com & Distributed By Protemplateslab